Sabtu, 24 Mei 2014

Resep Cupcake

Cupcake adalah salah satu jenis resep kue yang paling banyak dicari akhir- akhir ini, hal ini tak lepas karena semakin banyaknya varian tampilan dan hiasan cupcake yang bermunculan, Cupcake Coklat sendiri banyak dicari karena biasanya resep cupcake coklat enak dibuat sebagai dasar berbagai macam resep cupcake aneka bentuk, selain cupcake coklat biasanya cupcake keju yang digunakan sebagai dasarnya :)
Cupcake Sendiri ialah sebuah jenis kue yang bisa diklasifikasikan sebagai kue jenis bolu akan tetapi bentuknya yang berbeda, jika bolu biasanya dibuat dalam loyang berukuran besar lalu dipotong tetapi untuk membuat Resep Cupcake biasanya menggunakan cetakan yang berbentuk seperti cup, maka dari itulah sering disebut cupcake, selain itu orang- orang kadang juga menyebutnya dengan sebutan Muffin Tins. makanan yang satu ini dinegeri asalnya yaitu Belanda tepatnya kota Amsterdam ialah salah satu cemilan yang sangat digemari dan biasanya selalu ada untuk teman minum kopi.
Dan saat ini ada banyak sekali macam- macam Resep Cupcake seperti Resep Cupcake Klasik atau Resep Cupcake Polos dan biasanya Resep Cupcake jenis ini berasa tunggal, misal Resep Cupcake Coklat, Resep Cupcake Keju, Resep Cupcake Vanilla. dan dari Resep Cupcake klasik inilah biasanya dikembangkan dengan berbagai macam varian lagi dan muncullah Cupcake varian seperti Cupcake Red Velvet, Cupcake Oreo, Cupcake hias dengan Cream atau yang terbaru Cupcake aneka bentuk dengan Fondant.
Sebenernya Resep Cupcake juga ada 2 jenis yaitu Cupcake Oven dan Cupcake kukus, tetapi untuk saat ini bunda akan berbagi Resep Cupcake Oven yaitu Resep Cupcake Coklat Lembut Aneka Bentuk :)

Resep Cupcake Coklat Lembut Aneka Bentuk

Bahan Cupcake Coklat Lembut Aneka Bentuk:
  •  150 gr dark cooking chocolate, kemudian serut atau potong-potong kecil
  •  120 ml susu cair
  •  100 gr gula halus
  •  30 gr coklat bubuk
  •  130 gr tepung terigu berprotein sedang
  •  130 gr mentega
  •  3 butir telur, pisahkan kuning telur dan putih telur
  •  ½ sedok teh garam
Cara membuat Cupcake Coklat Lembut Aneka Bentuk :
1. untuk membuat cakenya, terlebih dahulu susu cair dan susu bubuk  yang telah dicampur lalu panaskan sambil diaduk terus agar tidak menggumpal dan larut. kemudian matikan api.
2. Masukkan sebagian gula halus dan mentega lalu aduk hingga larut dan angkat, kemudian tambahkan kuning telur lalu kocok hingga rata.
3. Tuang tepung terigu secara perlahan-lahan dan sedikit-sedikit sambil aduk adonan sampai rata. kemudian Sisihkan.
4. Secara terpisah kocok putih telur dan garam sampai hampir mengembang. kemudian tambahkan sisa gula halus tadi secara setahap demi setahap hingga habis. kemudian Kocok hingga mengembang.
5. lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan yang telah mengembang sambil di aduk perlahan-lahan.
6. Tuang adonan campurannya itu ke dalam cetakan muffin sudah diberi alas cup kertas.
7. Lalu oven adonan dengan suhu sekitar 180 derajat celcius. dan Oven selama kurang lebih 25-30 menit hingga matang.

Resep Cupcake Coklat Lembut Aneka Bentuk

Untuk Topping :
ada 2 jenis topping yang bakal bunda berikan kali ini yaitu topping butter cream dan topping Fondant :)
Resep Cupcake Coklat  dengan butter cream
Cupcake Coklat dengan butter cream
untuk butter cream topping : anda bisa membeli butter cream siap saji, jadi anda tinggal menghias cupcake anda dengan cream tersebut tanpa perlu bersah payah membuatnya :)
Resep Cupcake Coklat Lembut Hias Aneka bentuk
Cupcake Coklat Lembut Hias Aneka bentuk
untuk Fondant : anda bisa membeli fondant di toko kue, selain itu jika anda memilih fondant sebagai hiasan maka anda harus membeli peralatan atau icing cutter, hal ini berfungsi untuk membuat berbagai macam jenis potongan sesuai imajinasi anda sehingga yang anda hasilkan adalah cupcake yang unik, selain itu anda juga harus membeli selai sebagai perekat antara fondant dengan cupcake :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar